Grafika Komputer : Review Jurnal

1. Jurnal Implementasi Grafika Komputer Untuk Pembuatan Animasi 

A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan komputer grafis telah membuat komputer lebih mudah untuk berinteraksi dan lebih baik dalam memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri. Dan hampir semua komputer menggunakan beberapa grafis untuk mengendalikan komputer mereka melalui ikon dan gambar.

Pada perkembangan saat ini, pemanfaatan teknologi grafika komputer sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi objek grafis, dan implementasi untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda. Animasi biasa diamanfaatkan untuk menarik perhatian pemakai komputer dibagian tertentu dari layer, memvisualisaikan cara kerja suatu suatu alat, menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar yang lebih menarik dibandingkan bila hanya berupa sederetan angka, serta tak ketinggalan pula untuk program-program permainan.


B.Tujuan Penelitian 

Grafika Komputer telah menjadi bagian hidup modern dewasa ini. Hampir semua bidang memanfaatkan grafika komputer untuk menunjang pekerjaannya. Bidang yang paling banyak menggunakan grafika komputer adalah bidang yang berinteraksi langsung dengan manusia dan bersifat visual. 

Grafika komputer dihasilkan menyentuh banyak aspek kehidupan sehari-hari kita, dapat ditemukan di televisi, di koran, laporan cuaca, dan masih banyak lagi. Komputer grafis yang dibangun dengan baik dapat menyajikan grafik statistik kompleks dalam bentuk yang lebih mudah untuk memahami dan menafsirkannya. Seperti grafik yang digunakan untuk menggambarkan suratsurat, laporan, tesis, dan bahan presentasi. Berbagai alat dan fasilitas yang tersedia untuk memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan data mereka.


C.Metode  Penelitian

Metode titik, Dalam metode titik, karakter disajikan sebagai suatu larik dua dimensi yang memiliki jumlah baris dan kolom yang bervariasi. Ukuran larik dua dimensi yang biasa digunakan berukuran 7 baris (tinggi) dan 5 kolom (lebar), tetapi pemakaian larik dimensi dua ukuran 7x9 dan 9x7 juga banyak dijumpai. Dari larik dua dimensi yang digunakan, setiap elemen larik tersebut dianggap sebuah piksel yang bisa dihidup matikan sesuai karakter yang akan dibangkitkan. Cara tersebut juga digunakan pada printer dot-matrix.


D. Kesimpulan 

1. Komputer Grafik merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Komputer grafik memungkinkan user untuk berkomunikasi lewat gambar, bagan dan diagram–diagram, disebabkan komputer grafik berhadapan dengan teknik dan teori sintesis gambar komputer. 

2. Animasi merupakan salah satu bagian dari grafik komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif dan biasa diamanfaatkan untuk menarik perhatian pemakai komputer baik dalam memvisualisaikan cara kerja suatu suatu alat, menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar yang lebih menarik dan untuk programprogram permainan.

3. Sebuah titik dilayar tampilan bias dihidup matikan dengan mudah. Oleh karena status salah satu titik hidup (menyala) atau mati (padam), maka dengan mudah status tersebut dikodekan dengan menggunakan angka 1 untuk titik yang hidup/menyala) atau 0 (untuk titik yang mati/tidak menyala). Dengan cara itulah sesungguhnya suatu citra grafik disimpan didalam pengingat digital. 

4. Jenis layer tampilan berdasarkan teknologi televisi yang disebut raster display yang menggambarkan berdasarkan komponen terkecil, yaitu titik atau (pixel.) Sebuah titik dilayar tampilan bias dihidup matikan dengan mudah, karena status salah satu titik hidup (menyala) atau mati (padam), maka dengan mudah status tersebut dikodekan dengan menggunakan angka 1 untuk titik yang hidup/menyala) atau 0 (untuk titik yang mati/tidak menyala).

5. Ilmu grafik komputer meliputi: a.Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari caramenggambarkan permukaan bidang. b. Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan.c. Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya. d. Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar. 

6. Salah satu teknik yang digunakan untuk pembuatan animasi yaitu teknik Inbetweening yaitu menentukan posisi awal dan posisi akhir dari objek, lalu menghitung posisi objek yang baru, menghapus objek pada posisi semula, dan menggambar objek pada posisi baru hingga objek berada pada posisi akhir yang dituju. 

7. Pada perkembangan saat ini, pemanfaatan teknologi grafika komputer sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi objek grafis, dan implementasi yang real yaitu digunakannya teknologi grafika komputer untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda.

Komentar