Kecerdasan Buatan : PERTEMUAN VIII, IX, X, XI CII2M3_ADF06 | Heuristic Search
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Artificial Intelligent (AI)
·     
PERTEMUAN VIII, IX, X,
XI
 CII2M3_ADF06 | Heuristic Search
CII2M3_ADF06 | Heuristic Search
Ø
Heuristic (informed) Search
Heuristic (hyu-RIS-tik) adalah suatu proses mengira-ngira untuk
mendapatkan informasi, pengetahuan atau target. Heuristic bisa dikontraskan
terhadap suatu algoritma yang deterministic. Fungsi heuristic yang bagus jika
dia bisa  sedekat mungkin dengan nilai
asli tapi tidak melebihi.
Ø
Hill
Climbing (HC)
HC Algotihm  : dimana kita di suatu
inisial state dan jika algoritmanya
benar maka selsai, jika belum maka akan diulangi sampai state benar.
Ø
Steepest-Ascent
Climbing
Bahwa dari satu posisi membangkitkan semua state lalu dibandingkan mana yang harus dipilih untuk dijadikan current state, kemudian baru
algoritmanya dijalankan.
Ø 
Simulated  Annealing
Annealing dimana dia memasukkan ide atau suatu konsep untuk menghindari
terjadinya terjebak di optimum local di hill
climbing. Intinya simulasi aneling menambahkan probability unntuk keluar
dari local minimum.
Ø
Best-First
Search
Bisa dikatakan sebagai paying kelompok algoritma dimana ada kelompok
algoritma best-first, implementasi algoritma 
yang paling dasar adalah Gredy BFS dan yang paling umum A*.
Best-First Search Algorithm :
ü 
Terdapat2
queue  yaitu Open dan Close
ü 
Pilih
algoritma dari node didalam open lalu
ambil yang terkecil dan masukkan kedalam close,
apabaila benar maka searching
selesai.
ü 
Memilih
Open berdasarkan fumgsi F(n)
ü 
Node
memiliki nilai.
Implementasinya :
Ø
Greedy
Best-First Search
ü
Dimana
F nya adalah heuristic
ü
Penilaian
node berdasarkan nilai heuristic tetapi tidak optimal.
Ø
A*
Search
ü 
A*
Search  adalah F(n) atau nilai asli dari
node tersebut.
ü 
Dengan
menggunakan g(n) dan h(n) algoritmanya menjadi kompliit dan optimal.
A* Search Performance      :
ü 
Complete
ü 
Optimal
(tidak ada algoritma yang menggunakan heuristic jika algoritma tersebut
mengunakan heuristc yang sama  kemudia
tidak ada algoritma yang bisa mendapatkan solusi lebih baik daripada A*).
ü 
Time
Complexity = 0  (bd)
ü 
Space
Complexity = 0  (bd) 
ü 
More
Of A*
ü 
Interative
Deepening A*
ü 
Simple
Memory-Bounded A*
ü 
Bi-Directional
A*
ü 
Modified
Bi-Directional A*
ü 
Dynamic
Weighted A*
ü 
Beam
A*
Komentar
Posting Komentar