Sistem Multimedia : Logo Perusahaan dan Maknanya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

1. Amazon

 a. Profil Perusahaan

Amazon.com, Inc. (NASDAQ: AMZN) adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berbasis di Seattle, Washington, yang berfokus pada e-commerce, komputasi awan, streaming digital, dan kecerdasan buatan. Perusahaan ini dianggap sebagai salah satu perusahaan teknologi Big Four bersama dengan Google, Apple, dan Facebook

Amazon dikenal karena gangguannya terhadap industri yang mapan melalui inovasi teknologi dan skala massa.[8] Perusahaan ini menjadi pasar e-commerce terbesar di dunia, asisten penyedia AI, dan platform cloud computing yang diukur dengan pendapatan dan kapitalisasi pasar. Amazon adalah perusahaan internet dengan pendapatan terbesar di dunia. Ini adalah perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat dan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Amazon adalah perusahaan teknologi terbesar kedua berdasarkan pendapatan.[9]

Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada 5 Juli 1994 di Bellevue, Washington. Perusahaan ini awalnya dimulai sebagai pasar online untuk buku tetapi kemudian diperluas untuk menjual barang elektronik, perangkat lunak, video game, pakaian, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan. Pada 2015, Amazon melampaui Walmart sebagai pengecer paling berharga di Amerika Serikat dengan kapitalisasi pasar.Pada tahun 2017, Amazon mengakuisisi Whole Foods Market senilai $ 13,4 miliar, yang sangat meningkatkan kehadiran Amazon sebagai pengecer batu-dan-mortir. Pada 2018, Bezos mengumumkan bahwa layanan pengiriman dua hari, Amazon Prime, telah melampaui 100 juta pelanggan di seluruh dunia.

Amazon mendistribusikan unduhan dan streaming video, musik, buku audio melalui Amazon Prime Video, Amazon Music, dan Anak Perusahaan Audible. Amazon juga memiliki cabang penerbitan, Amazon Publishing, studio film dan televisi, Amazon Studios, dan anak perusahaan cloud computing, Amazon Web Services. Ini menghasilkan elektronik konsumen termasuk Kindle e-reader, Fire tablet, Fire TV, dan perangkat Echo. Selain itu, anak perusahaan Amazon termasuk Ring, Twitch.tv, Whole Foods Market, dan IMDb. Di antara berbagai kontroversi, perusahaan telah dikritik karena penjangkauan pengawasan teknologi, budaya kerja yang sangat kompetitif dan menuntut, penghindaran pajak, dan praktik anti-persaingan

b. Kaitan Logo

Pada pandangan pertama, logo Amazon tampaknya tidak ada yang istimewa.Tapi itu dirancang dengan filosofi perusahaan.Panah oranye mirip dengan senyum, dan perusahaan ingin pelanggan untuk puas.Panah juga membentang antara huruf 'A' dan 'Z'.Ini menunjukkan bahwa perusahaan menjual setiap produk secara lengkap dan sesuai harapan ('dari A sampai Z').

 

2. Adidas

 

Adidas AG, juga dikenal sebagai adidas, adalah sebuah perusahaan sepatu Jerman. Perusahaan ini dinamakan atas pendirinya, Adolf (Adi) Dassler, yang mulai memproduksi sepatu pada 1920-an di Herzogenaurach dekat Nuremberg. Rancangan baju dan sepatu perusahaan ini biasanya termasuk tiga strip paralel dengan warna yang sama, dan motif yang sama digunakan sebagai logo resmi adidas. Adidas adalah perusahaan pakaian olahraga terbesar di Eropa dan kedua terbesar di dunia setelah Nike.[2]

Rudolf Dassler, adik Adi, mendirikan perusahaan saingan, Puma. Pada Agustus 2005, Adidas mengakuisi rivalnya, Reebok, dalam upaya memperketat persaingan dengan Nike.

Selama 68 tahun lamanya grup Adidas telah menjadi bagian dari dunia olahraga di segala bidangnya dengan menawarkan sepatu, pakaian serta beragam aksesori pelengkap olahraga yang bernilai seni pada setiap produknya. Sekarang, grup Adidas telah mengglobalisasi dan menguasai di bidang industri produk olahraga dan menawarkan portfolio yang begitu luas dari segi produk di seluruh dunia. Strategi grup Adidas sangatlah simpel: memperkuat bran secara terus menerus dan mengimprovisasi posisi kompetitif serta keuangan mereka. Aktivitas perusahaan dan lebih dari 150 cabangnya dipantau langsung oleh pemimpin grup di Herzogenaurach, Jerman. Tertanggal 31 Desember 2009, grup Adidas tercatat mempekerjakan sebanyak 38.982 orang selama setahun penuh.

Juga ada pendapat, bahwa sebetulnya Adidas adalah sebuah singkatan dari sebuah kalimat, yaitu "All day I dream about sports" (Tiap hari aku bermimpi tentang olahraga). Pendapat ini disetujui banyak orang mengingat bila tiap huruf pertama dari kata yang terkandung dalam kalimat diambil lalu disusun, akan membentuk kata Adidas, dan juga maknanya yang mendukung semangat olahraga.

 

 b. Kaitan logo

Adapun makna dari seluruh logo Adidas yaitu

1. Logo Adidas memegang posisi berpengaruh untuk memaksakan kesan kecanggihan dan daya tahan melalui desain sederhana serta mengesankan.

2. Logo Adidas terdiri atas tiga garis paralel melambangkan kinerja atletik yang luar biasa dalam menjangkau tujuan keunggulan dan tantangan yang akan datang. 

3. Warna hitam dari logo Adidas datang sebagai motif inspirasi kepada kaum muda yang terlibat dalam olahraga dan kegiatan atletik. Logo juga dapat menghidupkan kembali semangat mereka dan membawa pada budaya pemuda yang mencolok.

4. Font atau huruf logo Adidas tetap sederhana, namun catchy (keren) dan menonjol dengan gaya polos. Serupa dengan produk yang mereka buat, Adidas mempertahankan desain inovatif serta sederhana.

 

3. Pertamina

 

a. Profil Perusahaan

ertamina (dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) atau nama resminya PT Pertamina (Persero) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Pertamina masuk urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 pada tahun 2013.[3][4]

Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada tahun 2001. Perusahaan ini juga mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.[5]

Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968. Direktur utama (Dirut) yang menjabat dari 2009 hingga 2014 adalah Karen Agustiawan yang dilantik oleh Menneg BUMN Syofan Djalil pada 5 Februari 2009 menggantikan Dirut yang lama Ari Hernanto Soemarno. Pelantikan Karen Agustiawan ini mencatat sejarah penting karena ia menjadi wanita pertama yang berhasil menduduki posisi puncak di perusahaan BUMN terbesar milik Indonesia itu. Karen Agustiawan mengundurkan diri sebagai Dirut pada 1 Oktober 2014 dan menjadi dosen guru besar di Harvard University, Boston, Amerika Serikat. Selanjutnya pada 28 November 2014, Presiden Joko Widodo memilih Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Ia menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri[6].

Kegiatan Pertamina dalam menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia, terbagi ke dalam sektor Hulu dan Hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan.

Pada tahun 2013, Pertamina menempati peringkat 122 dari 500 perusahaan terbaik dunia versi Fortune Global

 

b. Kaitan Logo

Makna dari logo Pertamina adalah:

  1. Warna biru memiliki arti andal, dapat dipercaya dan bertanggung jawab.
  2. Warna hijau memiliki arti sumber daya energi yang berwawasan lingkungan.
  3. Warna merah memiliki arti keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam menghadapi berbagai macam kesulitan.

Simbol grafis memiliki arti:

  1. Bentuk anak panah menggambarkan aspirasi organisasi Pertamina untuk senantiasa bergerak ke depan, maju dan
    progresif. Simbol ini juga mengisyaratkan huruf “P” yakni huruf pertama dari Pertamina.
  2. Tiga elemen berwarna melambangkan pulau-pulau dengan berbagai skala yang merupakan bentuk negara
    Indonesia.

 

 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Happy Reading 😀 

Komentar