Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence )
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


1. Apa Itu kecerdasan Buatan ?

    Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan oleh manusia ke dalam suatu sistem teknologi, diatur dan dikembangkan dalam konteks ilmiah, bentukan dari kecerdasan entitas  ilmiah yang ada. Adapun menurut beberapa ahli sebagai berikut :

  • John McCarthy, 1956

Kecerdasan buatan adalah usaha memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.

  • Herbert Simon, 1987

Kecerdasan buatan adalah tempat suatu penelitian, aplikasi dan instrusksi yang terkait dengan pemrograman komputer dalam melakukan suatu hal yang menurut pandangan manusia ⎼ cerdas.

  • Rich dan Knight, 1991

Kecerdasan buatan adalah suatu studi mengenai bagaimana membuat komputer mampu melakukan hal-hal yang pada saat ini masih bisa dilakukan lebih baik oleh manusia.


2. Stage of Artificial Intelligence dan Contohnya

a. Thinking Humanly, maksudnya adalah sebuah agen AI mampu mengekstraksi proses berpikir manusia menjadi sebuah model yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan.

Contohnya : Machine Learning, adalah agen/sistem/mesin yang mampu menirukan proses belajar manusia.

b. Thinking Rationally, maksudnya adalah kemampuan agen AI untuk berpikir secara logis dan rasional dalam mengambil keputusan dengan penalaran logika.

Contohnya : Expert system yang mampu mendeteksi penyakit, pendeteksian penyakit harus dilakukan secara penalaran yang logis agar penyakit yang terdeteksi sangat strict terhadap toleransi kesalahan yang akan muncul jika dilakukan dengan cara humanly.

c. Acting Humanly, maksudnya adalah kemampuan agen AI untuk bertindak seolah-olah seperti manusia pada umumnya.

Contohnya : Chatbot yang sering digunakan untuk curhat, seperti Mitsuku, Rina, dan Simsimi. Bot tersebut menjawab pesan seolah-olah bertindak sebagai manusia sesungguhnya.

d. Acting Rationally, maksudnya adalah kemampuan agen AI untuk bertindak secara logis dan rasional dengan memanfaatkan penalaran logika.

Contohnya : Robot yang bekerja menggantikan posisi manusia sebagai pelayan, atau melakukan suatu tugas yang terstruktur.

    Keempat tipe kecerdasan ini dibagi dalam dua bentuk output dan dua pemrosesan. Berdasarkan hasil outputnya ada dua yaitu thinking dan acting. Perbedaannya adalah thinking hanya akan menghasilkan model, sementara acting berujung pada keputusan agen untuk melakukan aksi tertentu. Berdasarkan pemrosesan, terdapat dua yaitu humanly dan rationally. Terlihat jelas jika rasional maka keputusannya harus logis mengikuti kaidah penalaran logika. Sementara, untuk humanly tidak perlu mengikuti kaidah penalaran logika namun perlu memasukkan sifat-sifat manusia salah satunya seperti emosi dan aturan psikologi manusia. 

--------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian Dan Terima kasih 😀

Semoga Bermanfaat :)

Komentar